Monday, June 16, 2014

Tidak ada alasan lain selain BUTUH

Diposkan oleh Unknown di 3:57 PM
TIDAK ADA ALASAN LAIN SELAIN BUTUH

Sabtu tanggal 14 Juni 2014 tepat setengah 1 dipanggil HRD, tanda tangan kontrak. Setelah dibolak-balik kontrak kerja rangkap dua itu tertera rincian gaji selanjutnya setelah selesai masa percobaan 3 bulan pertama kerja. Senang kah mendapat kontrak 1 tahun?? Yang artinya kinerja saya baik selama 3 bulan berjalan?? TIDAK, sama sekali
Sekedar sharing ya teman-teman pastikan waktu kalian tes wawancara sebutkan keinginan kalian yang jelas, yang dalam arti hak-hak kalian yang kalian inginkan jelaskan. Kalau pun perusahaan tidak menyetujui lebih baik kalian mencari pekerjaan yang dapat memenuhi hak-hak kalian sebagai karyawan dan staff yang bekerja disana. Dimana hak kalian diperhatikan, dimana kalian tidak ditipu dengan hanya omong kosong semacam penipuan dan tidak merugikan kalian sebagai karyawan disana.

Alhamdulillah saya mengalaminya, saya ingin membagi kepada teman semuanya. Merasa dipermainkan dengan system perusahaan yang saya pun tidak tahu maksud mereka apa. Ketika wawancara mereka mengatakan kalau akan memberikan gaji sebesar UMR kota tempat saya bekerja, memang benar gaji yang diberikan sekitar itu. Biasanya setelah kalian dinyatakan diterima sebagai karyawan di perusahaan itu maka kalian akan ditanya berapa range gaji yang kalian inginkan. Kemarin saya menawarkan range gaji diatas UMR jauh, HRD hanya bilang untuk 3 bulan pertama tidak bisa memberikan range gaji sebesar yang saya tawarkan dan perusahaan hanya bisa memberikan gaji UMR saja untuk 3 bulan pertama.


Baiklah, mungkin saya bisa terima dengan penawaran itu, karena setelahnya saya menanyakan range gaji setelah 3 bulan itu. Dan ibu HRD itu menjawab akan mengikuti, tidak sampai situ saya memastikan lagi bahwa gaji mengikuti maksudnya gaji itu mengikuti penawaran yang saya berikan. Berarti secara logika gaji jauh diatas angka UMR kota, mungkin bayangan saya hampir mendekati penawaran.

Dan ternyata setelah kemarin melihat rincian gaji kontrak 1 tahun ke depan, range gaji yang saya terima SAMA dengan gaji 3 bulan masa percobaan, hanya ada kenaikan 50ribu saja. Terus terang saja saya langsung marah melihat hal ini, apakah memang semua perusahaan tidak konsisten dengan apa yang mereka janjikan kepada karyawan nya??
Dengan mudah HRD berkata “ Iyaa, maaf perusahaan belum bisa memberikan gaji dengan range yang mba inginkan “

Halloooooo…kalau memang tidak bisa kenapa dari awal tidak dibicarakan dengan baik-baik saja. Kenapa harus berakhir dengan system yang buruk dan janji yang tidak sesuai dengan perkataan awal yang telah disepakati?? Haruskah saya percaya lagi dengan janji yang perusahaan berikan?? Sedangkan kewajiban yang harusnya mereka lakukan saja tidak diberikan dengan baik. Haruskah??

Sempat terfikir untuk tidak menyetujui kontrak kerja dan tidak menandatangani kontrak kerja ini. Masih terfikir kalau saja saya mengakhiri mas kontrak ini motor siapa yang akan membayar karena seperempat uang gaji saya gunakan untuk bayar cicilan motor. Dan bisa membayangkan kalau saya belum kerja selama sebulan ke depan?? Tau sendiri kan ya, Idul Ftri yang identik dengan THR akan datang kurang dari sebulan lagi. Dan dimana-mana pasti banyak yang tahu kalau akan lebaran banyak karyawan yang dikeluarkan Karena perusahaan tidak mau memberikan kewajiban untuk membayarkan THR.
Masih memikirkan cicilan motor yang sekitar 6 bulan lagi akan berakhir, bayar kos untuk ke depan dan makan selama saya kerja. Yaa.. TIDAK ADA ALASAN LAIN SELAIN BUTUH
Butuh untuk bayar cicilan motor
Butuh untuk bayar kos, makan dan kehidupan saya selama tinggal dikota orang.
Butuh untuk memberi kepada orang tua.
Dan yang pasti tidak mau merepotkan ibu yang sudah sepuh.

Menandatangani kontrak kerja dengan separuh hati, Ya allah semoga memang ini keputusan yang terbaik untuk menandatangani kontrak kerja. Berikan yang terbaik selagi langkah hanya setengah hati untuk menjalani nya. Tahu akan resiko ke depan seberapa berat kalau menjalani dengan setengah hati.

Tapi insya allah dimudahkan dalam segala pekerjaan kedepannya. Dan tidak ada alasan saya yang lain selain memang mengerjakan nya karena BUTUH, kebutuhan juga yang membuat kita tidak nyaman ketika menjalani pekerjaan ini. Hanya berharap agar dikuatkan ketika lelah, semoga teman-teman tidak mengalami seperti yang saya alami ya. Tanyakan baik-baik apa yang menjadi kewajiban dan hak kalian sebagai karyawan.

7D53202B



0 komentar:

Post a Comment

 

Langkah Membangun Mimpi Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting